IDENTITAS PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS PROGRAM SARJANA
Perguruan Tinggi: Universitas PGRI Jombang
Unit Pengelola Program Studi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jenis Program : Sarjana
Nama Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
Alamat : Jalan Pattimura III/20 Jombang
Nomor Telepon : 0321-86119
E-Mail dan Website : ed.stkipjb@gmail.com
Nomor SK Pendirian PT 1) : . 6841/E1HK.03.00/2023
Tanggal SK Pendirian PT : 14 September 2023
Pejabat Penandatangan
SK Pendirian PT : : Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal
Nomor SK Pembukaan PS 2) : 6841/E1HK.03.00/2023
Tanggal SK Pembukaan PS : 14 September 2023
Pejabat Penandatangan
SK Pembukaan PS : Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal
Tahun Pertama Kali
Menerima Mahasiswa : 274 Mahasiswa Baru
Peringkat Terbaru
Akreditasi PS : B
Nomor SK BAN-PT : 959/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/III/2024
Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Jombang
Tahun 2035 menjadi program studi unggulan dan berdaya saing untuk menghasilkan Sarjana
Pendidikan Bahasa Inggris berjiwa wirausaha, berkarakter, adaptif terhadap perkembangan
IPTEKS dan berwawasan global di tingkat nasional dan internasional.
Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Jombang
- Menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang pendidikan bahasa Inggris berbasis
IPTEKS.
- Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan bahasa Inggris dan non kependidikan
berbasis IPTEKS.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEKS.
- Menyelenggarakan kerjasama dengan instansi terkait baik dalam negeri maupun luar
negeri untuk meningkatkan wawasan global.
- Melaksanakan praktik keguruan dan kewirausahaan.
- Mengembangkan kegiatan kemahasiswaan berbasis karakter.
Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Jombang
Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah menghasilkan lulusan:
- Sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang kompeten dan berdaya saing berbasis IPTEKS
dan budaya
- arjana pendidikan Bahasa Inggris yang dapat melaksanakan penelitian di bidang
pendidikan bahasa Inggris dan non kependidikan berbasis IPTEKS.
- Sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang dapat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada
masyarakat di bidang pendidikan Bahasa Inggris yang dapat menyelesaikan permaslahan
di masyarakat berbasis IPTEKS dan budaya
- Sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang berwawasan global dan dapat berkontribusi dalam
kegiatan pembangunan bangsa
- Sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang dapat melaksanakan praktik keguruan dan
kewirausahaan
- Sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang berkarakter
Profil Lulusan
Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI
Jombang:
- Pendidik Bahasa Inggris, sebagai fasilitator pembelajaran bahasa Inggris
yang mendidik, kreatif, inovatif dan memiliki penguasaan bahasa Inggris
lisan dan tulis, serta kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk
mengikuti perkembangan keilmuan bahasa Inggris dan pembelajarannya,
berjiwa pancasila sehingga menjadi guru professional dan memiliki
kemampuan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
- Peneliti Pemula, sebagai pengkaji permasalahan pendidikan Bahasa
Inggris yang dapat berperan aktif untuk mengembangkan keilmuan dan
praktik pembelajaran bahasa Inggris melalui penelitian dalam bidang
pendidikan bahasa Inggris yang mampu melaporkan hasil penelitiannya,
beretika dan berintegritas, berjiwa Pancasila, dengan kemampuan
berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informasi, dan memiliki
kemampuan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pada
bidang yang linier dengan bidang penelitian pendidikan bahasa Inggris.
- Wirausahawan, sebagai penyedia jasa pendidikan bahasa Inggris berusaha
sendiri atau bekerja bersama pihak lain untuk menghasilkan layanan
pendidikan bahasa Inggris, produk-produk bahan ajar dan media
pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif.
- Penerjemah, sebagai praktisi alih bahasa memiliki kemampuan
menerjemahakan teks bahasa Ingris tulis dan lisan baik konsekutif
maupun simultan dan sebaliknya, berjiwa pancasila, dengan penguasaan
teknologi informasi.
Rumusan Umum Kompetensi Lulusan
- Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum,
akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate.
- Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu.
- Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
- Memiliki jiwa mandiri, disiplin, jujur, tanggung jawab, dan kemampuan berpikir secara ilmiah, kritis, kretif, dan inovatif.
- Mahir menerjemah baik dari Indonesia – Inggis maupun dari Inggris – Indonesia baik secara manual maupun secara digital (mesin penerjemah).
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan konsep-konsep dasar kewirausahaan