FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

VISI

Pada  tahun 2035,  menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  unggul untuk menghasilkan pendidik yang berakhlak mulia untuk  mengembangkan  ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis intelektualitas, kreatifitas, dan kewirausahaan serta mampu bersaing secara global.

MISI

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran yang unggul untuk menghasilkan sarjana pendidikan yang berwawasan global dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikas
  2. Menyelenggarakan penelitian pendidikan berorientasi penguatan konsep dan perbaikan praktik pendidikan; serta mendiseminasi dan mempublikasikannya di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat berbasis penelitian dan kebutuhan masyarakat dengan memberikan pelatihan dan layanan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang berkelanjutan.
  4. Mengembangkan jejaring dan kerjasama strategis dengan berbagai pihak, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional, untuk meningkatkan kualitas pendidikan

TUJUAN 

  1. Kompeten di bidang pendidikan dan pengajaran dengan pengetahuan yang mendalam serta keterampilan pedagogik yang tinggi;
  2. Berkarakter, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan model pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman dan berjiwa wirausaha untuk menghadapi tantangan global;
  3. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian baik secara mandiri dan mampu berkolaborasi di  bidang pendidikan;
  4. Mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian baik secara mandiri maupun kolaborasia;
  5. Mendesiminasikan dan mempublikasikan hasil penelitian di tingkat lokal, nasional dan internasional;
  6. Berjiwa wirausaha  yang memiliki keterampilan berwirausaha sehingga  mampu menciptakan peluang usaha dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi melalui sektor pendidikan.

STRATEGI

  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menerapkan strategi untuk menghasilkan calon guru yang kompeten dengan pengetahuan mendalam dan keterampilan pedagogik tinggi. Strategi ini mencakup merancang kurikulum komprehensif yang memadukan pengetahuan pendidikan dan keterampilan pedagogik; memfasilitasi dosen klinik proposal dan artikel ilmiah secara berkelanjutan; mengundang pakar pendidikan untuberbagi pengalaman; mengintegrasikan teknologi terbaru dalam proses pembelajaran; mendorong penelitian yang relevan dengan pendidikan untuk menciptakan inovasi; serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan teori dalam situasi nyata melalui praktik lapangan yang terintegrasi dalam mata kuliah PLP dan KKN;
  2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menerapkan strategi untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, kreatif, inovatif, relevan dengan perkembangan zaman, dan berjiwa wirausaha. Strategi ini mencakup merancang kurikulum fleksibel yang dapat disesuaikan dengan perubahan terkini di dunia pendidikan dan industri; menyediakan mata kuliah Kewirausahaan dan mendorong pemikiran kreatif dan inovatif serta keterampilan kewirausahaan; membangun kemitraan dengan lembaga pendidikan terkait untuk memberikan wawasan praktis; mendirikan inkubator usaha untuk mendukung ide-ide bisnis mahasiswa; mengintegrasikan pendidikan karakter dalam setiap mata pelajaran; menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek yang mendorong pengembangan model pembelajaran inovatif; serta mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, serta menyiapkan mahasiswa menghadapi dunia digital;
  3. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) menerapkan strategi untuk merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pendidikan workshop untuk meningkatkan keterampilan penelitian; menyediakan akses mudah ke sumber daya penelitian; membangun kemitraan dengan institusi lain untuk kolaborasi penelitian; serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal dan konferensi ilmiah. Strategi ini juga melibatkan bimbingan tentang publikasi karya ilmiah yang terintegrasi dalam mata kuliah di masing-masing program studi FKIP UPJB.
  4. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian dengan beberapa strategi. FKIP melibatkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian, membangun kemitraan dengan pemerintah dan lembaga non-profit, serta mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk yang mudah dipahami oleh masyarakat. Selain itu, FKIP melakukan evaluasi berkala untuk memastikan efektivitas program pengabdian dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung program serta mempermudah akses informasi oleh masyarakat.
  5. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) menerapkan strategi untuk mendiseminasikan dan mempublikasikan hasil penelitian di berbagai tingkatan dengan memanfaatkan jurnal ilmiah bereputasi, berpartisipasi dalam konferensi dan seminar, serta membangun kerjasama dengan institusi internasional. Selain itu, FKIP mengembangkan penggunaan media sosial dan webinar, serta mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk buku atau monografi dan mengajukannya untuk penghargaan. Dengan strategi ini, hasil penelitian dapat dikenal luas dan dimanfaatkan oleh berbagai kalangan.
  6. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) dapat mengembangkan jejaring dan kerjasama strategis dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional, dan internasional melalui kolaborasi dengan sekolah, lembaga pendidikan, universitas, dan organisasi pendidikan. Selain itu, membangun jaringan internasional dengan institusi dan organisasi global akan memperluas wawasan dan pengalaman belajar, memungkinkan FKIP menyediakan pendidikan berkualitas tinggi dan relevan  dengan perkembangan zaman.

PROGRAM STUDI SARJANA

  1. Pendidikan Ekonomi
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  3. Pendidikan Matematika
  4. Pendidikan Bahasa Indonesia
  5. Pendidikan Bahasa Inggris
  6. Pendidikan Jasmani

PROGRAM STUDI MAGISTER

  1. Pendidikan Matematika
  2. Pendidikan Ekonomi
  3. Pendidikan Bahasa Indonesia 

Struktur Organisasi FKIP

Dr. Rukminingsih, M.Pd

Dekan FKIP

Dr. Lina Susilowati, M.Pd

Ka. Prodi Pendidikan Ekonomi Program Sarjana

Shanti Nogroho. S., M.Pd

Sekretaris  Prodi Pendidikan Ekonomi Program Sarjana

Dr. Muhammad Naufal. A.,S.H., M. H

Ka. Prodi PPKN Program Sarjana

 

Najmudin Maya’ba, M.Pd

Sekretaris  Prodi PPKN Program Sarjana

 

Dr. Abd. Rozak, S. Pd., M.Si

Ka. Prodi Pendidikan Matematika Program Sarjana

Dr. Fatchiyah Rahman, M.Pd

Sekretaris  Prodi Pendidikan Matematika Program Sarjana

Dr. Fitri Resti. W.,M.Pd

Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Sarjana

Dr. Mu’minin, S. Pd., M.Pd

Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Sarjana

Dr. Muh. Fajar, S.S.,M.Pd

Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana

Dr. Rosi Anjarwati, M.Pd

Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana

Dr. Basuki, S.Or., M.Pd.

 

Ka. Prodi Pendidikan Jasmani Program Sarjana

 

Dr. Risfandi Setyawan, M.Pd.

Sekretaris Prodi Pendidikan Jasmani Program Sarjana

Dr. Lia Budi Tristanti, M.Pd.

Ka. Prodi Pendidikan Matematika Program Magister

Dr. Diah Dinaloni, M.M.

Ka. Prodi Pendidikan Ekonomi Program Magister

Dr. Akhmad Sauqi Ahya, M.A.

 

Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister

Dr. Masruchan, M.Pd.

Kepala Laboratorium

Kerjasama FKIP

Kerjasama FKIP dengan Mangrove Education USA dengan luaran MoA,MoA dan IA dengan acara Workshop

Kerjasama UPJB dan FKIP dengan Universiti Teknologi Mara Malaysia dengan kegiatan workshop, dan kuliah Pakar

Kerjasama UPJB ,FKIP dan implementasi Bicole University Philipina dengan kegiatan Keynote Speaker di Bicole state University, Philipina