S1 Pendidikan Jasmani

Visi Program Studi

Tahun 2035 menjadi program studi Pendidikan Jasmani unggul yang menghasilkan lulusan berakhlak mulia, berkarakter, berjiwa wirausaha, berdaya saing, adaptif, dan berwawasan global.       

 Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Pendidikan Jasmani yang bermutu dan mengedepankan akhlak dan mengikuti perkembangan IPTEKS.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang Pendidikan Jasmani dan mengembangkan IPTEKS.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan penalaran dan hasil penelitian.
  4. Melakukan kerja sama dengan cabang olahraga dan Stakeholder
  5. Melaksanakan praktik keguruan, keolahragaan, dan kewirausahaan
  6. Mengembangkan kegiatan kemahasiswaan berbasis soft skills dan karakter.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan yang berakhlak mulia, berkompeten, berkarakter, berdaya saing, adaptif, dan berwawasan global.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu melaksanakan penelitian di bidang Pendidikan Jasmani dan mengembangkan IPTEKS.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan yang berjiwa wirausaha.
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu memecahkan masalah Pendidikan Jasmani dan IPTEKS.
  5. Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan di bidang Pendidikan Jasmani.
  6. Menghasilkan sarjana pendidikan yang memiliki soft skills dan berkarakter.

PROFIL LULUSAN S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI

S1 Program Studi Pendidikan Jasmani  merupakan program studi di Universitas PGRI Jombang yang bertujuan mencetak generasi pendidik profesional dalam bidang Pendidikan Jasmani, Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi.  Pendidik profesional adalah pendidik yang memiliki kompeten, berakhlaq, berdaya saing, adaptif, berkarakter, dan berwawasan global serta berjiwa wirausaha. Mahasiswa yang dibekali kompeten dalam berbaggai bidang: 1) Kompeten mengaplikasikan konsep pedagogik dan keilmuan olahraga serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS di bidang pendidikan dan pembinaan cabang olahraga, 2) Kompeten menulisan karya ilmiah di bidang cabang olahraga, 3) Kompeten melaksanakan kegiatan wirausaha di bidang cabang olahraga, 4) Kompeten mengidentifikasi, merancang, melaksanakan dan mengevaluasdi bidang cabang olahraga, 5) Kompeten menerapakan pertolongan pertama cidera di bidang cabang olahraga, Kompeten menerapkan pengetahuan perwasitan di bidang cabang olahraga. Sehingga mahasiswa dapat menjadi beberapa profesi keahlian dalam bidang seperti: Guru Pendidikan Jasmani, kewirausahan di bidang olahraga, peneliti pendidikan di bidang olahraga, Praktisi dalam kecabangan olahraga, Instruktur Fitnes, Measure atau terapis dengan Olahraga.

Lulusan S1 Program Studi Pendidikan Jasmani  dibekali kemampuan mengidentifikasi, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi, kemampuan menulisan karya ilmiah, kemampuan melaksanakan kegiatan wirausaha, kemampuan memberikan pertolongan pertama cidera, kemampuan perwasitan dan kemampuan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS di bidang pendidikan dan pembinaan cabang olahraga. Matakuliah yang diberikan untuk kompetensi lulusan meliputi: teoretis dalam pembelajaran PJOK (merancang, melaksanakan dan mengevaluasi PJOK), Outdoor Education (Pendidikan Rekreasi), PJOK Adaptif,  Pendidikan Usia Dini, Instruktur Fitnes, Ilmu Kepelatihan Dasar, Pencegahan dan Perawatan Cidera, Masase Olahraga,  Biomekanika,dan Anatomi serta Kecabangan Olahraga.