S2 Pendidikan Matematika

VISI:

Menjadi Prodi Pendidikan Matematika Program Magister yang mutakhir dan unggul berbasis soft skills berlandaskan pada nilai-nilai akhlak mulia, berkarakter pendidik, dan berjiwa wirausaha yang lulusannya mampu bersaing di tingkat global di tahun 2035.

MISI:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pengelolaan proses pendidikan dan pembelajaran yang efektif, efisien dalam suasana akademik yang kondusif berbasis soft skills dalam bidang Pendidikan matematika baik secara teori maupun praktek berlandaskan pada nilai-nilai akhlak mulia, berkarakter pendidik, dan berjiwa wirausaha serta mampu bersaing secara global.
  2. Menyelenggarakan penelitian mandiri dan atau kolaborasi dengan instansi terkait di dalam maupun di luar negeri serta menghasilkan inovasi dalam pembelajaran pendidikan matematika dan didesiminasikan di forum ilmiah baik nasional maupun internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian pendidikan matematika untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran matematika.
  4. Melaksanakan kerja sama dengan instansi terkait di tingkat nasional dan internasional

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan pendidikan matematika yang inovatif serta berbasis soft skills berlandaskan nilai-nilai akhlak mulia, berkarakter pendidik, dan berjiwa wirausaha serta mampu bersaing secara global.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian yang inovatif di bidang pendidikan matematika berbasis soft skills untuk memecahkan permasalahan pendidikan matematika dalam menjawab tantangan global.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif, berbasis hasil penelitian pendidikan matematika untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran matematika untuk memecahkan permasalahan di masyarakat.
  4. Menghasilkan kerja sama nasional dan internasional dengan instansi terkait di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan SDM.

Strategi:

  1. Membekali kompetensi mahasiswa yang relevan dengan profil lulusan dalam bentuk capaian pembelajaran lulusan (CPL).
  2. Memfasilitasi peningkatan kualitas dosen melalui berbagai kegiatan tridharma Perguruan Tinggi baik dalam dan luar negeri.
  3. Melaksanakan pembelajaran berbasis proyek, berbasis masalah, atau berbasis IT sehingga memungkinkan mahasiswa untuk mengekplorasi kemampuan yang dimiliki.
  4. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk praktek mengajar pada program sarjana.
  5. Meningkatkan kelengkapan sarana prasarana penunjang pembelajaran yang berkualitas.
  6. Meningkatkan kualitas tata kelola yang akuntabel, kredibel, transparan, bertanggungjawab, dan adil baik dalam hal akademik maupun non akademik.
  7. Merancang kurikulum pendidikan matematika yang inovatif dan terintegrasi dengan soft skills.
  8. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berkolaborasi dengan dosen dalam melaksanakan penelitian, publikasi, dan pengabdian kepada Masyarakat.
  9. Mendorong kolaborasi lintas disiplin atau institusi lain dan mengintegrasikan soft skills ke dalam penelitian, pengabdian kepada Masyarakat serta teknologi dan seni.

Profil lulusan prodi Pendidikan matematika program magister:
1. Guru Matematika
2. Dosen Pendidikan Matematika
3. Peneliti Pendidikan Matematika
4. Pengelola Pendidikan Matematika
5. Konsultan Pendidikan Matematika